2 Jan 2011

Tugas IMK Analisis Web E-commerse www.fastncheap.com

1.             Accesibility
Situs fastncheap.com ini belum bisa dikatakan baik dalam aksesibilitasnya. Karena sebagian besar halaman website menggunakan bahasa Inggris terlebih dalam deskripsi dan spesifikasi produknya, itu akan mempersulit costumer yang lemah dalam penguasaan bahasa Inggrisnya untuk mengakses. Sebelum menentukan pilihan tentunya customer ingin membandingkan antara produk satu dengan yang lain untuk mengetahui bagaimana kualitas dari produk yang akan di belinya. Dan hal ini bisa memungkinkan costumer mencari website lain yang lebih mudah diakses.

2.             Esthetically Pleasing
Dari segi estetika menurut saya tampilan website ini kurang menarik. Karena terkesan monoton, tampilannya tidak bersifat seasonally seperti saat natal disaat website lain mulai mengganti banner dengan tema natal atau saat tahun baru seperti ini, website ini tetap menggunakan tema yang lama. Layout yang dipakai terkesan berantakan karena adanya menu dimana-mana.

3.              Availability
Pada tampilan home fastncheap.com menyediakan banyak pilihan menu. Yang memungkinkan costumer untuk lebih mudah dalam menentukan pilihan. Baik dari kategori produk maupun yang lainnya. Dan dapat disimpulkan availabilitynya cukup baik.

4.             Clarity



Selain menampilkan gambar dan harga produk dari screen shoot di atas dapat dilihat penjelasan-penjelasan mengenai produk secara detail dan jelas sehingga costumer dapat mengetahui dan memilih produk terbaik bagi mereka.

5.             Compatibility
Dengan tampilan muka yang simple, sederhana, banner yang minimalis memungkinkan fastncheap.com compatible untuk di buka dalam banyak browser. Seperti google chrome, opera, mozilla firefox, flock, dll dalam OS Windows.
Dalam browser-browser tersebut tidak ada sedikitpun perbedaan/perubahan tampilannya.

6.             Configurability

7.             Consistency

Fastncheap.com sudah bisa dikatakan konsisten karena dari gambar di bawah ini dapat terlihat konsistensinya. Setiap halaman memiliki tampilan yang sama.

Home


Halaman Produk 

Halaman Komentar


8.             Control

Setiap menu, navigasi, maupun link lainya berfungsi dengan baik. Bahkan di menu utama setiap menu memiliki sejenis tooltip ketika melakukan mouse over yang mendesripsikan tentang menu tersebut seperti gambar di bawah ini .



Bergitu pula dengan adanya navigasi sangat penting agar kita tidak tersesat dan mudah menemukan halaman-halaman lain dalam website tersebut.



9.             Directness

Fastncheap.com telah menerapkan prinsip directness dapat dilihat dari adanya menu-menu dan login dalam setiap halaman.  Selain itu di bawah ini merupakan screenshot saat melakukan pemesanan, tampilan yang memungkinkan user fokus dalam melakukan pemesanan tanpa harus melakukan hal lain.



10.        Efficiency

Penggunaan gambar yang tidak terlalu besar sangat efisien untuk waktu download lebih cepat. Namun fastncheap.com tetap menyediakan enlarge view untuk melihat ukuran gambar yang lebih besar.
Seharusnya menu menjadi fokus utama, namun penempatan menu yang terlalu banyak ini membuat website tersebut kurang efisien karena user harus menggeser-geser scrool untuk dapat melihat menu yang lain.

11.        Familiarity

Icon dan logo fastncheap memungkinkan user mengenali bahwa ini adalah website fastncheap.com.


12.        Flexibility


13.        Forgiveness

Saat melakukan pemesanan dan registrasi website ini memang menyediakan tombol cancel untuk membatalkan jika ada terjadi kesalahan, namun pada saat pembayaran tidak yang tersedia hanya tombol continue seperti gambar di bawah.



14.        Immersion

15.        Obviousness

Dengan adanya tombol add to cart dan keterangan item in your cart ini memudahkan user untuk mengetahui bahwa ini ada website e-commerse sehingga user akan mengetahui apa saja yang aka dilakukan saat membukanya.


16.        Operability

Menurut saya yang lemah dalam penguasaan bahasa Inggris, cukup sulit dalam mengoperasikan web ini karena sebagian besar dalam web ini menggunakan bahasa Inggris, padahal fastncheap ini merupakan website e-commerse Indonesia dan hanya melayani wilayah negara Indonesia saja. Terbukti saat pengisian form pengiriman barang, hanya terdapat pilihan daerah-daerah negara Indonesia saja.



17.           Predictability


Dari gambar di atas dapat dilihat, dengan adanya keterangan tersebut user dapat memprediksi apa yang ada akan dilakukan di tahap selanjutnya.
Setelah mengisi form address makan akan muncul halaman payment, confirm, user agreement dan finish.

19.           Recovery

saat terjadi kesalahan dalam pengisian form atau form belum di isi, website ini dapat melakukan recovery dengan munculnya kotak dialog yang menjelaskan tentang kesalahan tersebut sehingga user dapat memperbaikinya.



20.        Responsiveness

Website ini sudah cukup responsive dari setiap link yang ada di beri perbedaan saat mouse over seperti perubahan warna teks bahkan ada yang menggunakan tooltip saat mouse over d link-link tertentu.
Namun sepertinya kurang dalam merespon komentar pada customer, customer hanya memberikan komentar tanpa ada tanggapan dari fastncheap.com seperti salah satu komentar yang memberikan pertanyaan, namun tidak ada jawaban.

21.        Safety
Website ini juga menerapkan prinsip safety, seperti saat terjadi kesalahan dalam pengisian alamat email sistem akan memberitahu user bahwa confirm email yang telah dimasukan tidak sama.


22.        Simplicity

23.        Transparency

24.        Visibility

25.        Trade-offs

Dari analisa di atas dapat diketahui fastncheap.com ini masih beberapa kekurangan serta kelebihan.
Yaitu :

-            Kekurangan

1.              Tidak dapat diakses oleh semua kalangan terutama bagi yang penguasaan bahasa Inggrisnya lemah.
2.              Font size yang terlalu kecil akan sulit dibaca bagi yang memiliki mata min.

-            Kelebihan

1.              Tampilan yang sederhana memungkinkan website ini akan mudah diakses dari berbagai macam browser.
2.              Ukuran gambar pada sample gambar produk tidak terlalu besar sehingga mengurang donwload times.
3.              Adanya notifikasi. Saat user melakukan kesalahan sangat ini penting untuk mengingatkan user agar memperbaiki kesalahannya.



-            Saran
1.              Saat melakukan pencarian seharusnya kotak key search dan max.Price tidak dibuat textbox tapi dibuat combo box seperti kotak type dan brand untuk memilimalisir user melakukan pengetikan.
2.              Harusnya disediakan opsi bagi user untuk memilih bahasa apa yang akan digunakan, agar dapat diakses oleh user yang kurang mengerti bahasa Inggris.
3.              Adanya tombol back atau cancel pada saat melakukan payment untuk membatalkan.
4.              Adanya respon dari admin untuk menjawab pertanyaan atau komentar dari para user.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar